Pelanggan yang terhormat saat ini nomer: 0822-9795-2975 tidak aktif. Silahkan hub nomor lainnya
Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Hari gini masih bingung cari modal buat usaha? Jangan sedih hati dulu, ternyata masih bisa loh mulai usaha ngga pake modal. Iya, yaitu dengan cara bisnis online shop tanpa modal.

Namun, usaha ini bukan benar benar tanpa modal ya. Tentunya kamu harus mengeluarkan tenaga dan pikiran kamu untuk menjalankan usaha ini.

Lalu, juga ada beberapa peralatan seperti PC atau smartphone dan internet untuk keperluan usaha kamu. Tapi peralatan tersebut dijamin kamu pasti sudah memilikinya di zaman yang serba teknologi ini.

Dengan modal yang minim, bahkan bisa dibilang tanpa modal seperti ini, banyak yang sudah mulai mencoba bisnis ini baik dari anak sekolahan, ibu rumah tangga, sampai karyawan yang ingin membuat usaha sampingan.

Nah, kalau kamu ngaku punya jiwa entrepreneur yang tinggi, ngga ada salahnya kamu mencoba bisnis online tanpa modal ini. Yuk, langsung aja simak artikel ini!

Contoh Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Untuk memulai bisnis online shop tanpa modal, terdapat beberapa pilihan yang bisa diambil untuk kamu mulai. Beberapa pilihan bisnis online shop tersebut adalah:

Menjadi Dropshipper

Menjadi Dropshipper
source: indianretailer

Contoh bisnis online yang pertama adalah berjualan dengan sistem dropship atau menjadi dropshipper.

Menjadi dropshipper cukup mudah untuk dilakukan untuk pebisnis yang tergolong pemula. Bisnis dropshipper pun bisa dilakukan tanpa modal.

Karena dengan menjadi dropshipper, usaha yang kamu lakukan hanya menjadi perantara antara pembeli dan supplier kamu.

Jadi, tugas kamu hanya mencatat pesanan pembeli dan menyampaikannya ke supplier kamu untuk nantinya barang pesanan tersebut akan dikirimkan ke pembeli.

Dengan sistem dropship pun kamu juga tidak perlu untuk menyimpan stok barang jualan kamu di rumah atau tempat usaha kamu. Karena yang akan mengirim barang jualan kamu adalah supplier langsung dari gudang mereka.

Sistem dropship juga membebaskan kamu untuk menaruh harga sesukamu. Jadi keuntungan bisa diambil dari selisih harga yang diberikan supplier kamu dengan harga yang kamu tawarkan ke pembeli.

Membuat Sistem Pre order

Membuat Sistem Pre order
source: freepik

Cara kedua adalah berbisnis dengan sistem pre order. Dengan sistem ini, kamu tentu bisa menjalankan bisnis tanpa mengeluarkan modal.

Sebab, melalui sistem pre oder, modal untuk menjalankan bisnis didapat dari pembeli kamu sendiri. Yaitu dengan terlebih dahulu mencatat pesanan dari para pembeli.

Kemudian, pembeli diharuskan membayar pesanan tersebut berupa DP (down-payment) atau membayar sepenuhnya.

Setelah itu, kamu pun bisa langsung memulai produksi barang dengan modal yang terkumpul dari DP tersebut.

Biasanya, sistem pre order sering digunakan bisnis online seperti baju, kaos, sweater, dan produk fashion lainnya. Produk makanan pun juga kerap menggunakan sistem ini untuk penjualannya.

Membuka Usaha Jasa Titip

Membuka Usaha Jasa Titip
source: pexels

Lalu, cara bisnis online shop terlaris ketiga yang dilakukan tanpa modal adalah dengan membuat bisnis jasa titip atau jastip.

Seperti namanya, bisnis ini kamu lakukan dengan menyediakan jasa titip untuk pembeli kamu yang ingin memesan suatu produk tertentu.

Usaha jastip tentu bisa menjadi ladang penghasilan yang menyenangkan untuk kamu yang hobi jalan-jalan.

Karena selagi berjalan-jalan, kamu bisa mendapatkan uang dengan menawarkan jasa titip barang yang hanya tersedia di tempat kamu jalan-jalan.

Bisa juga ketika ada suatu event promo tertentu, kamu menawarkan jasa titip kepada orang orang yang ingin tapi tidak bisa hadir dan membeli sesuatu di event tersebut.

Ketiga cara yang disebutkan di atas adalah beberapa cara bisnis online terpercaya yang bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin mencoba mulai bisnis online tanpa modal.

Tips dan Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Namun, sebelum memulai bisnis online shop, ada baiknya kamu melakukan beberapa persiapan.

Cara yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis online shop tanpa modal ini dari nol adalah:

1. Pilih Produk Apa Saja yang Ingin Kamu Jual

Pilih Produk Apa Saja yang Ingin Kamu Jual
source: pexels

Pertama-tama tentu saja kamu harus menentukan produk apa saja yang ingin kamu jual. Ini berlaku untuk ketiga contoh bisnis yang telah disebutkan sebelumnya.

Baik menjadi dropshipper, membuat sistem pre order, atau jasa titip kamu perlu menentukan produk yang ingin kamu jual. Apakah itu produk fashion, elektronik, produk kecantikan, atau yang lainnya

Hal ini berkaitan dengan branding, yakni persona online shop yang ingin kamu tunjukkan.

Selain itu, hal ini juga akan membuat calon pelanggan kamu tidak kebingungan akan produk yang kamu jual. Mereka pun akan lebih yakin jika kamu fokus terhadap satu jenis produk.

2. Tentukan Target Pasar

Selanjutnya, tentukan siapa saja yang sekiranya akan membeli produk kamu.

Karena dengan mengetahui target konsumen, kamu akan lebih mudah untuk melakukan pemasaran.

Melalui pemberian penawaran ke calon pelanggan yang tepat, maka kemungkinan calon pelanggan kamu untuk membeli produkmu akan semakin tinggi.

3. Cari Supplier Terbaik

Cari Supplier Terbaik
source: freepik

Ketiga, khusus untuk yang ingin menjadi dropshipper, cobalah mencari supplier terbaik yang memberikan harga terbaik dengan kualitas barang yang bagus.

Selain itu, carilah supplier yang lokasinya masih satu wilayah dengan lokasi kamu. Namun, mencari supplier yang berbeda kota juga tidak ada salahnya jika mereka memberikan penawaran yang baik.

Hal ini juga berlaku untuk yang ingin membuat usaha pre order. Cobalah mencari vendor yang bisa membuat barang yang berkualitas.

Jika produk kamu terkenal dengan kualitas yang bagus, besar kemungkinan pelanggan kamu akan membeli produk kamu lagi dan mengajak calon pembeli lain untuk melakukan pre order di bisnis online shop kamu.

4. Tentukan Harga Jual

Setelah menentukan dan menemukan barang apa yang akan kamu jual, selanjutnya tentukanlah harga jual dari produk kamu.

Pastikan kamu memberikan harga yang menarik pembeli dengan memberikan harga yang bersaing, tidak terlalu mahal, namun masih memberikan keuntungan untukmu.

5. Pilih Platform dan Media Bisnis Online Shop Kamu

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah, pilih platform sebagai media bisnis kamu.

Apakah kamu ingin berjualan di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan semacamnya, atau berjualan di media sosial seperti Facebook dan Instagram, atau di forum jual beli seperti Kaskus FJB.

6. Gunakan Sosial Media dan Lakukan Pemasaran

Gunakan Sosial Media dan Lakukan Pemasaran
source: freepik

Kemudian gencarkan promosi produk online shop kamu. Gunakan media sosial sebagai sarana pemasaran kamu.

Karena dengan media sosial kamu bisa melakukan pemasaran secara meluas dan gratis. Namun jika ingin jangkauannya lebih luas lagi, gunakan fitur iklan berbayar di media sosial tersebut.

Jangan lupa dengan target pasar yang telah kamu buat untuk meningkatkan performa iklan kamu.

7. Berikan Pelayanan yang Maksimal Kepada Konsumen

Kemudian, berikanlah layanan seramah mungkin kepada calon pembeli kamu. Calon pembeli akan lebih tertarik membeli jika dilayani dengan baik.

8. Selalu Perbaharui Informasi Produk Kamu

Jangan lupa untuk selalu perbaharui katalog produk kamu di toko online yang kamu kelola untuk memudahkan kamu dan juga pembeli.

9. Kelola Uang dan Terus Evaluasi Bisnis Kamu

Kelola Uang dan Terus Evaluasi Bisnis Kamu
source: freepik

Setelah melakukan beberapa penjualan, pastikan kamu mengelola keuangan kamu dengan baik. pengelolaan uang ini bisa bermanfaat untuk membuat bisnis kamu semakin besar.

Kemudian, terus lakukan evaluasi kinerja bisnis online shop kamu, cari letak kekurangan bisnis kamu untuk diperbaiki demi membuat bisnismu lebih berkembang lagi.

Seperti itulah informasi dari kami mengenai contoh, tips, dan cara bisnis online shop tanpa modal. Kami harapkan artikel ini bisa membantu kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dengan berbisnis online. Untuk bisa sukses, tentu ada lika liku perjalanan yang harus kamu lalui. pastikan kamu menikmati prosesnya ya!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com