10+ Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab!

10+ Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab!

Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab – Uni Emirat Arab adalah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Di antara tujuh emirat itu adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain.

Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab
Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab – Mister Exportir

Pada tahun 2018, Uni Emirat Arab mengirim barang senilai US $ 316,9 miliar ke seluruh dunia. Jumlah dolar itu mencerminkan kenaikan 1,1% dari 2017 hingga 2018 tetapi penurunan -16,7% sejak 2014. Mata uang negara ini adalah Dirham Uni Emirat Arab.

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas mengenai berbagai komoditas ekspor impor Uni Emirat Arab yang tak banyak orang tahu. Beberapa di antaranya merupakan komoditas Uni Emirat Arab yang terbesar.

 

Baca Juga: TOP 10+ Komoditas Ekspor Impor Tanzania!

 

Sekilas Mengenai Kondisi Ekonomi Uni Emirat Arab

Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab
Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab – Mister Exportir

Dengan PDB $570 miliar (AED 2,1 triliun) pada tahun 2014, membuat ekonomi Uni Emirat Arab menjadi kedua terbesar di dunia Arab (setelah Arab Saudi.)  Negara ini telah berhasil mendiversfisikasikan ekonominya.

Meskipun UEA memiliki ekonomi yang paling terdiversifikasi di antara negara-negara Teluk, ekonomi UEA tetap sangat menandalkan minyak, kecuali Dubai, kebanyakan Negara UEA tergantung dari pendapatan yang berasal dari minyak.

Komoditas petroleum dan gas alam tetap memainkan peranan utama dalam ekonomi, khususnya di Abu Dhabi. Sebanyak lebih dari 85% dari ekonomi UEA didasarkan pada ekspor minyak 2009.  Sedangkan Abu Dhabi dan emirat-emirat UEA lainnya tetap konservatif dalam pendekatan mereka terhadap diversifikasi, Dubai, yang mempunyai cadangan minyak yang jauh lebih sedikit, lebih berani dalam kebijakan diversifikasinya. Tahun 2011, ekspor minyak merupakan 77% dari seluruh anggaran negara UEA. GDP UEA = 382,6 miliar USD (2017)

 

Inilah 10+ Komoditas Ekspor Uni Emirat Arab yang Terbesar

Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab
Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab – Mister Exportir

Tahukah Anda, bahwa ternyata Uni Emirat Arab memiliki banyak sekali komoditas ekspor yang sangat luar biasa.  Di antara banyaknya komoditas ekspor yang dimiliki oleh negara Uni Emirat Arab, berikut ini sejumlah komoditas ekspor yang terbesar di negara tersebut:

  • Petroleum oils and oils obtained from bituminous minerals, crude (USD 66,817,113)
  • Medium oils and preparations, of petroleum or bituminous minerals, not containing biodiesel, n.e.s. (USD 18,182,912)
  • Light oils & preparations, of petroleum or bituminous minerals which >= 90% by volume “incl.losses” distil at 210°C “ASTM D 86 method” (USD 13,269,179)
  • Gold, incl. gold plated with platinum, unwrought, for non-monetary purposes (USD 9,777,404)
  • Articles of jewellery and parts thereof, of precious metal other than silver, whether or not plated or clad with precious metal (USD 8,554,830)
  • Non-industrial diamonds unworked or simply sawn, cleaved or bruted (USD 7,247,750)
  • Unwrought aluminium alloys (USD 4,838,530)
  • Propane, liquefied (USD 4,249,153)
  • Natural gas, liquefied (USD 3,019,103)
  • Butanes, liquefied (USD 2,968,556)

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Mexico Terbesar, Lengkap!

 

Komoditas Impor dari Indonesia

Uni Emirat Arab dan Indonesia menjalin hubungan kerjasama dalam perdagangan internasional, yakni ekspor dan impor. Negara ini melakukan impor ke beberapa komoditas Indonesia. Apa sajakah komoditas impor dari Indonesia? Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

  • Palm oil and its fractions, whether or not refined (USD 171,447)
  • Motor cars and other motor vehicles principally designed for the transport of person (USD 137,857)
  • Artificial corundum, whether or not chemically defined; aluminium oxide; aluminium hydroxide (USD 122,257)
  • Woven fabrics of synthetic filament yarn, incl. monofilament (USD 106,272)
  • Articles of jewellery and parts thereof, of precious metal or of metal clad with precious metal (USD 87,478)
  • Uncoated paper and paperboard, of a kind used for writing, printing or other graphic purposes (USD 55,820)
  • Chemical wood pulp, soda or sulphate (excluding dissolving grades) (USD 47,582)
  • Soap; organic surface-active products and preparations for use as soap (USD 33,057)
  • Flat-rolled products of iron or non-alloy stee (USD 30,954)
  • New pneumatic tyres, of rubber (USD 25,823)

 

Komoditas Impor Terbesar Uni Emirat Arab

Selain mengekspor barang, Uni Emirat Arab juga melakukan impor ke beberapa negara. Berikut ini komoditas impor terbesar Uni Emirat Arab:

  • Articles of jewellery and parts thereof, of precious metal other than silver, whether or not plated or clad with precious metal (USD 12,690,197)
  • Telephones for cellular networks “mobile telephones” or for other wireless networks (USD 8,924,017)
  • Light oils & preparations, of petroleum or bituminous minerals which >= 90% by volume “incl.losses” distil at 210°C “ASTM D 86 method” (USD 6,859,844)
  • Gold, incl. gold plated with platinum, unwrought, for non-monetary purposes (USD 5,879,780)
  • Motor cars and other motor vehicles principally designed for the transport of persons (USD 5,188,466)
  • Non-industrial diamonds unworked or simply sawn, cleaved or bruted (USD 4,160,618)

 

Pelabuhan Internasional Uni Emirat Arab

Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab
Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab – Mister Exportir

Untuk mengirimkan berbagai komoditas, Uni Emirat Arab menjadikan jalur laut sebagai salah satu aksesnya. Uni Emirat Arab memiliki berbagai pelabuhan laut internasional. Berikut ini beberapa pelabuhan internasional yang ada di Uni Emirat Arab.

1. Pelabuhan Jebel Ali

Pelabuhan ini adalah pelabuhan tersibuk ke-9 di dunia dan pelabuhan terluas dan terbesar yang dibuat manusia dan sejauh ini pelabuhan tersibuk di timur tengah. Volume peti kemas pertahun : 13.6 million TEU (2013)

 

2. Pelabuhan Khalifa

Pelabuhan Khalifa adalah pelabuhan laut dalam, pelabuhan laut yang dibangun untuk mengakomodasi kapal terbesar yang ada saat dibangun. Ini adalah pintu gerbang canggih ke Abu Dhabi dan menangani semua lalu lintas kontainer emirate. Volume peti kemas pertahun : 2,5 million TEUs.

 

3. Pelabuhan Rashid

Pelabuhan Rashid merupakan sebuah pelabuhan komersial buatan manusia di Dubai, Uni Emirat Arab. Diberi nama setelah Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum, pelabuhan ini dibuka tahun 1972. Pada waktu itu pelabuhan tersebut hanya memiliki dua takal beroda dan kapasitas kurang dari 100.000 TEU

 

Bandar Udara Internasional Uni Emirat Arab

Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab
Komoditas Ekspor Impor Uni Emirat Arab – Mister Exportir

Selain pelabuhan laut internasional, Uni Emirat Arab juga memiliki beberapa bandar udara internasional. Apa sajakah bandar udara internasional yang dimiliki oleh Uni Emirat Arab? Berikut ini berberapa bandara yang ada di Uni Emirat Arab:

1. Bandara International Sharjah

Bandara Internasional Sharjah (SIA, IATA: SHJ) adalah bandara utama yang melayani kota Sharjah di Uni Emirat Arab. Terletak sepuluh kilometer dari Pusat Kota Sharjah dan 15 km dari Dubai. Bandara dibuka pada tahun 1977 dan dimiliki oleh Otoritas Bandara Sharjah.

Saat ini merupakan bandara penanganan barang tersibuk kedua di Timur Tengah, setelah Bandara Internasional Dubai. Bandara ini memiliki kapasitas penanganan lalu lintas penumpang lebih dari delapan juta setiap tahun dan kapasitas penanganan kargo 500.000 ton kargo per tahun.

 

2. Bandara Internasional Dubai

Bandara Internasional Dubai (IATA: DXB, ICAO: OMDB) (Bahasa Arab: مطار دبي الدولي) adalah bandara internasional utama yang melayani Dubai, Uni Emirat Arab. Serta bandara kargo tersibuk keenam di dunia

 

3. Bandara Internaional Abu Dhabi

Dioperasikan oleh Abu Dhabi Airports Corporation, Bandara Internasional Abu Dhabi adalah pintu gerbang internasional utama ke Uni Emirat Arab dan salah satu bandara dengan pertumbuhan tercepat di kawasan ini.

 

4. Bandara Internasional Fujairah

Bandara Internasional Fujairah melayani emirat Fujairah, yang menjadi pusat kargo yang semakin penting, memanfaatkan lokasinya yang strategis di Timur Tengah dan kedekatannya dengan pelabuhan Fujairah, yang merupakan fasilitas pengisian bahan bakar terbesar kedua di dunia karena lokasinya di luar Selat Hormuz.

 

5. Bandara internasional Ras Al-Khaimah

Bandara Internasional Ras Al Khaimah melayani emirat Ras Al Khaimah, UEA. Merupakan pusat bagi RAK Airways, yang mengoperasikan layanan terjadwal ke berbagai tujuan di Timur Tengah, Subbenua India, dan Iran. Ras Al Khaimah juga merupakan fasilitas pelatihan kargo dan penerbangan yang penting, dengan Emirates, Air Arabia, dan program pelatihan mendasarkan Etihad di bandara.

 

6. Bandara Internasional Al Ain

Bandara Internasional Al Ain melayani kota Al Ain, kota terbesar kedua di emirat Abu Dhabi, UEA. Al Ain dilayani secara eksklusif oleh maskapai penerbangan internasional, dengan maskapai penerbangan nasional Etihad mendasarkan semua operasi di hub Abu Dhabi-nya.

 

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Uni Emirat Arab. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian yang telah membacanya. Serta memotivasi kita semua untuk bisa terus lebih baik lagi dalam menjalanani bisnis yang sedang dijalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com