Pengertian Lift On Lift Off dalam Kegiatan Ekspor Barang

Pengertian Lift On Lift Off dalam Kegiatan Ekspor Barang

Pada artikel MisterExportir yang lain, kita pernah membahas mengenai seal container. Masih berhubungan dengan kontainer, pernahkah kamu mendengar pengertian lift on lift off dalam kegiatan ekspor barang atau impor barang?

Pengertian Lift On Lift Off

Istilah lift on lift off atau juga sering disingkat dengan LoLo, adalah sebuah istilah yang mengacu pada sebuah kegiatan bongkar muat kontainer.

Kegiatan LoLo atau bongkar muat kontainer ini hanya terjadi pada kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan menggunakan jalur laut.

Karena seperti yang kita tahu, kebanyakan kapal pengangkut kontainer biasanya tidak memiliki crane/ derek atau mekanisme lainnya sendiri untuk mengangkat atau menurunkan kargo kontainer.

Sehingga untuk menurunkan kargo dari kapal atau menaikkan kargo ke kapal biasanya dilakukan dengan bantuan mesin crane/ derek pelabuhan yang bisa mengangkut dan memindahkan kargo tersebut.

Namun, terdapat pula lift on/ lift off vessels atau kapal yang dapat membongkar muat muatan kargonya sendiri tanpa bantuan dari mesin crane/ derek pelabuhan.

Untuk penurunan atau pengangkutan kontainer di kapal pun dilakukan di pelabuhan langsung dari truk trailer ke kapal atau sebaliknya.

Nah, berdasarkan penjelasan tersebut, secara singkat istilah lift on lift off adalah. Pertama, lift on merupakan kegiatan menaikkan kargo kontainer dari truk trailer ke kapal. Sedangkan lift of adalah kegiatan menurunkan kargo kontainer dari kapal ke truk trailer.

Lift On Lift Off Berdasarkan Tempat

Untuk dapat mengenal lebih jauh pengertian lift on lift off dalam kegiatan ekspor barang ini, ada baiknya kita mempelajarinya berdasarkan tempat dimana lift on lift off ini dilakukan.

Secara umum, lift on lift off dilakukan di dua tempat. Dua tempat tersebut yakni di Depot Kontainer/ Peti Kemas dan di Tempat Penimbunan Peti Kemas Sementara.

1. Depot Kontainer

Depot Kontainer
gambar: geograph.org.uk
  • Kegiatan lift on di depot kontainer dilakukan saat pengambilan kontainer kosong menggunakan truk untuk kegiatan ekspor barang. Kegiatan pengambilan dan menaikkan kontainer kosong ke truk ini lah yang disebut dengan lift on.
  • Sedangkan proses lift off di depot kontainer dilakukan ketika proses pengembalian kontainer kosong ke depot setelah digunakan untuk impor. Karena dalam kegiatan ini terdapat proses penurunan kontainer dari truk trailer, maka hal ini disebut lift off.

2. Tempat Penimbunan Peti Kemas Sementara

Tempat Penimbunan Peti Kemas Sementara
gambar: freepik
  • Di Tempat Penimbunan Peti Kemas Sementara (TPKS) kegiatan lift on dilakukan ketika proses pemindahan atau pemuatan kontainer/ peti kemas dari Container Yard ke atas kapal untuk ekspor.
  • Sedangkan lift off yang dilakukan di TPKS merupakan suatu kegiatan pembongkaran atau pemindahan kontainer/ peti kemas dari atas kapal ke Container Yard.

Roll On Roll Off

Roll On Roll Off
gambar: wikimedia.com

Selain lift on lift off, terdapat istilah dan bahkan kegiatannya pun juga serupa, yakni roll on roll off.

Roll on roll off juga memiliki arti bongkar muat kargo kontainer dari kapal. Perbedaan kontrasnya terletak pada cara pemindahan tersebut.

Jika lift on lift off pemindahannya menggunakan crane/ derek. Maka roll on roll off adalah bongkar muat kapal yang dilakukan melalui jalur rampa belakang kapal.

Maka dari itu, istilah roll on roll off lebih merujuk pada kapal yang didesain agar dapat memuat mobil, truk kargo, truk trailer, atau kendaraan beroda lainnya.

Yang juga bisa dimuat melalui bagian belakang kapal dengan pintu rampa yang dihubungkan ke dermaga.

Demikianlah informasi pada artikel kali ini mengenai pengertian lift on lift off dalam kegiatan ekspor barang atau impor barang. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan sobat exportir semua yaa!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

CONTACT US

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh