Kumpulan Komoditas Ekspor Impor Ecuador Terunggul!

Kumpulan Komoditas Ekspor Impor Ecuador Terunggul!

Komoditas Ekspor Impor Ecuador – Republik Ecuador terletak di bagian barat laut Amerika Selatan. Negara ini berbatasan dengan Kolombia di utara, dengan Peru di timur dan selatan, serta dengan Samudera Pasifik di barat.

Komoditas Ekspor Impor Ecuador
Komoditas Ekspor Impor Ecuador – Mister Exportir

Ecuador terletak di khatulistiwa. Memiliki wilayah seluas 272.045 kilometer persegi. Negara ini memiliki populasi sekitar 15.223.680. Ibu kota Ecuador adalah Quito. Masyarakat di negara ini berbahasa Spanyol dan Mata uang Republik Ecuador adalah USD.

Republik Ecuador memiliki sejumlah komoditas ekspor impor yang unggul. Beberapa di antaranya mewakili komoditas dengan nilai dolar tertinggi. Pada pembahasan artikel kali ini kita akan fokus membahas mengenai komoditas ekspor impor Ecuador yang unggul tersebut.

 

Baca Juga: 5 Perbedaan Ekspor dan Impor yang Harus Kamu Tahu!

 

Informasi Mengenai Komoditas Ekspor Impor Ecuador, Anda Harus Tahu!

Ecuador terletak di barat laut Amerika Selatan. Pada tahun 2018, negara ini mengirimkan barang senilai US $21,6 miliar ke seluruh dunia.  Jumlah dolar itu mencerminkan -16% mundur sejak tahun 2014 tetapi ekspoansi 13% dari tahun 2017 hingga tahun 2018.

Komoditas Ekspor Impor Ecuador
Komoditas Ekspor Impor Ecuador – Mister Exportir

Dari perspektif benua, sebesar 32% dari ekspor Ecuador berdasarkan nilai dikirim ke Amerika Utara. Sementara 27,9% dijual kepada importir di Amerika Latin (tidak termasuk Meksiko tetapi termasuk Karibia). Ecuador mengirimkan barang senilai 19,9% lainnya kepada pelanggan di Asia dengan 19,6% pergi ke Eropa. Selain itu, jumlah yang lebih kecil tiba di Afrika (0,4%) dan Oseania (0,2%) dipimpin oleh Australia.

Total Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) pada tahun 2014 sebesar $180.216 miliar dengan hitungan per kapita sebesar $11.244. Sementara Total Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) sebesar $102.663 miliar dengan hitungan per kapita sebesar $6.286.

 

Kumpulan Komoditas Ekspor Ecuador Terunggul, Lengkap!

Republik Ecuador memiliki sejumlah komoditas unggulan. Berikut ini kelompok produk ekspor yang mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Ecuador selama tahun 2018. Juga ditunjukkan persentase pangsa setiap kategori ekspor yang mewakili dalam hal keseluruhan ekspor dari Ecuador.

  1. Mineral fuels including oil: US$8.8 billion (40.8% of total exports)
  2. Fish: $3.6 billion (16.5%)
  3. Fruits, nuts: $3.4 billion (15.6%)
  4. Meat/seafood preparations: $1.2 billion (5.7%)
  5. Live trees, plants, cut flowers: $858.6 million (4%)
  6. Cocoa: $777.8 million (3.6%)
  7. Wood: $381.7 million (1.8%)
  8. Animal/vegetable fats, oils, waxes: $263.4 million (1.2%)
  9. Vegetable/fruit/nut preparations: $237.4 million (1.1%)
  10. Gems, precious metals: $177.8 million (0.8%)

10 ekspor utama Ecuador  di atas menyumbang 91,1% dari nilai keseluruhan pengiriman globalnya. Bahan bakar mineral termasuk minyak adalah komoditas yang tumbuh paling cepat di antara 10 kategori ekspor teratas melalui kenaikan 27,4% nilainya dari 2017 hingga 2018.

Di tempat kedua untuk meningkatkan penjualan ekspor adalah pengiriman kakao dari Ecuador yang naik 25,8%. Ekspor kayu dari Ecuador membukukan kenaikan nilai tercepat ketiga (naik 10,9%) mengikuti ekspor ikan (naik 8,1%).

Penjualan internasional untuk dua kategori teratas menurun dari tahun ke tahun: lemak hewani atau nabati, minyak dan lilin (turun -10,7%) dan pohon hidup, tanaman dan bunga potong (turun -3,6%).

 

Mengejutkan ! Inilah 10+ Komoditas Ecuador yang Over Demand

Komoditas Ekspor Impor Ecuador
Komoditas Ekspor Impor Ecuador – Mister Exportir

Selain, komoditas-komoditas Ecuador yang unggulan, negara ini juga memiliki sejumlah komoditas-komoditas yang melebihi batas atau commodity over demand. Apa sajakah komoditas yang melebih batas permintaan itu? Berikut ini data selengkapnya.

  1. Mineral fuels including oil: US$4.5 billion (19.7% of total imports)
  2. Machinery including computers: $2.7 billion (11.7%)
  3. Vehicles: $2.3 billion (10.1%)
  4. Electrical machinery, equipment: $1.9 billion (8.2%)
  5. Plastics, plastic articles: $1.1 billion (5%)
  6. Pharmaceuticals: $981.9 million (4.3%)
  7. Food industry waste, animal fodder: $845 million (3.7%)
  8. Iron, steel: $820.4 million (3.6%)
  9. Other chemical goods: $511.9 million (2.2%)
  10. Optical, technical, medical apparatus: $484.2 million (2.1%)

 

Hubungan Kerja Sama Perdagangan Internasional Indonesia dan Ecuador

Ternyata Indonesia dan Ecuador menjalin hubungan kerja sama dalam perdagangan Internasional (ekspor dan impor). Sejumlah komoditas Indonesia diekspor ke Ecuador. Berikut ini komoditas-komoditas Indonesia yang di ekspor ke Ecuador.

Komoditas Ekspor Impor Ecuador
Komoditas Ekspor Impor Ecuador – Mister Exportir

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Ecuador

Komoditas Ekspor Impor Ecuador
Komoditas Ekspor Impor Ecuador – Mister Exportir

Ecuador memiliki empat pelabuhan milik negara komersial yang dikelola secara independen.  Dalam rangka bersaing dengan fasilitas pelabuhan yang muncul yang telah diprivatisasi di wilayah tersebut, Ecuador telah mendesentralisasi kontrol pelabuhannya. Serta telah memberi mereka otonomi untuk mempromosikan diri mereka secara individu dan mencari kemitraan dengan konsorsium swasta yang berpengalaman dalam industri pelabuhan.

1. Pelabuhan Esmeraldals

Terletak di pantai utara negara yang menghadap Samudera Pasifik dan di sebelah pintu masuk ke Sungai Esmeraldas. Pelabuhan ini memiliki proses konsesi paling maju. Sebesar 11% dari pergerakan kargo nasional dan menangani sekitar 800 ribu metrik ton kargo selama tahun 2000.

Ada tujuh perusahaan (dua nasional dan lima internasional) yang memiliki pra-kualifikasi untuk berpartisipasi dalam penawaran konsesi untuk Esmeraldas. CONAM memperkirakan bahwa seluruh proses pra-kualifikasi ini akan memakan waktu sekitar 60 hari. Kemudian mereka akan dapat melanjutkan dengan penawaran resmi. Ini adalah pelabuhan utama di utara negara itu dan memiliki kilang terbesar di Ecuador.

 

2. Pelabuhan Bolivar

Pelabuhan selanjutnya yang ada di negara Ecuador adalah Pelabuhan Bolivar.  Terletak di Provinsi El Oro.  Pelabuhan ini  mewakili 23% dari pergerakan kargo nasional selama tahun 2000 atau 1,7 juta metrik ton pisang.

 

3. Pelabuhan Guayaquil

Memiliki pergerakan kargo 4,6 juta metric ton atau 61% dari muatan nasional. Pelabuhan ini terletak di Teluk Guayaquil. Selain itu, menangani 93% dari lalu lintas peti kemas negara (mewakili 453 ribu TEU) dan 62% dari total lalu lintas kargonya sebesar 5,6 juta ton. Hal tersebut menjadikannya pelabuhan tersibuk ke-13 di Karibia dan Amerika Latin. Pelabuhan Guayaquil beroperasi 24 jam sehari, 365 hari setahun.

 

4. Pelabuhan Manta

Pelabuhan Manta terletak di kota Manta dan memiliki akses langsung ke rute navigasi internasional. Ini memindahkan sekitar 360 ribu metrik ton kargo pada tahun 2000 dan mewakili 5% dari muatan nasional Ecuador. Sektor pelabuhan Ecuador diperkirakan tumbuh sekitar 8,7% per tahun.

 

Selain sejumlah pelabuhan laut, Ecuador juga memiliki sejumlah bandar udara yang menjadi akses pengiriman pula bagi komoditas ekspor impor Ecuador ke luar negeri. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Mariscal Sucre International Airport
  2. Jose Joaquin de Olmedo International Airport
  3. Mariscal Lamar International Airport
  4. Eloy Alfaro International Airport
  5. Cotopaxi International Airport
  6. Teniente Coronel Luis A. Mantilla International Airport
  7. Santa Rosa International Airport

 

Nah, bagaimana Sobat Mister Exportir? Sekarang sudah tahu tentang komoditas-komoditas unggulan di Ecuador, kan? Ternyata yang lebih mengejutkannya lagi, Indonesia termasuk ke salah satu negara yang melakukan kerja sama perdagangan Internasional dengan Ecuador, ya.

Kiranya pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Ecuador terunggul sudah selesai. Semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat  khususnya bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekspor impor ataupun bagi Anda yang mulai tertatik dengan perdagangan Internasional. Salam Exportir!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com