Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia

Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia

Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia – Sepatu olahraga termasuk ke dalam komoditas ekspor nonmigas Indonesia. Keberadaannya menjadi salah satu komoditas utama ekspor Indonesia dalam sektor tersebut.

Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia
Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia – Mister Exportir

Produk sepatu olahraga Indonesia memiliki pangsa pasar global yang besar. Bahkan pangsa pasar dan produktivitas sepatuh olahraga dalam negerti sampai mengalahkan Cina. Pemerintah terus mendorong industri alas kaki untuk terus dapat menjajaki pasar ekspor potensial.

Lalu berapakah nilai ekspor sepatu olahraga Indonesia? Hal tersebut akan menjadi fokus pembahasan pada artikel kali ini. Sekaligus beberapa informasi tambahan mengenai industri sepatu olahraga yang ada di Indonesia.

 

Baca Juga: Cari Tahu Nilai Ekspor Batik Indonesia Di Sini!

 

Industri Sepatu Olahraga Indonesia

Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia
Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia – Mister Exportir

Indonesia menjadi negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, yakni dengan jumlah sekitar 258 juta orang pada tahun 2016. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai incaran investor industri sepatu, baik sepatu olahraga maupun sepatu casual (laki-laki dan perempuan). Tingginya jumlah investor yang masuk ke industri tersebut mendorong produksinya cenderung meningkat.

Pada periode tahun 2012-2016, produksi sepatu olahraga mengalami pertumbuhan rata-rata 2,21 persen per tahun. Pada tahun 2012, memproduksi sebanyak 298,13 juta pasang, lalu terus meningkat dan mencapai 330,03 juta pasang pada tahun 2014. Kemudian pada dua tahun berikutnya, sepatu olahraga terus diproduksi.

 

Baca Juga: TOP 10+ Negara Utama Tujuan Ekspor Karet Indonesia

 

Negara Tujuan Utama Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia

Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia
Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia – Mister Exportir

Sebagai salah satu komoditi utama ekspor Indonesia, permintaan sepatu olahraga dari negara lain meningkat dari tahun ke tahun.Selain itu, produk sepatu olahraga buatan dalam negeri ini memang sudah terjamin kualitasnya. Tidak heran jika permintaan terus meningkat.

Amerika Serikat berada di urutan pertama sebagai negara tujuan ekspor sepatu olahraga dengan nilai US$ 731,5 juta atau setara Rp. 9,7 triliun. Selanjutnya di urutan kedua adalah Tiongkok dengan nilai US$ 323,9 juta. Di susul Belgia dengan nilai US$ 319,5 juta di posisi ketiga. (Ditulis berdasarkan data Badan Pusat Statistik)

 

 

Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia

Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia
Nilai Ekspor Sepatu Olahraga Indonesia – Mister Exportir

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa sepatu olahraga menjadi produk ekspor Indonesia yang diandalkan. Prestasinya sebagai komoditi yang memiliki pangsa pasar global terbesar, tidak mengherankan bahwa permintaan produk yang satu ini tiap tahunnya terus meningkat.

Pada tahun 2017, volume ekspor sepatu olahraga nasional mencapai 132 ribu ton dengan nilai US$ 2,69 miliar atau sekitar Rp. 35,7 triliun. Angka tersebut naik sebesar 8,68% dari tahun sebelumnya. Pada periode Januari-April 2018, ekspor sepatu olahraga mencapai US$ 963,6 juta. Jumlah tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 5,26% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya dan mencapai 1,8% dari total ekspor nonmigas.

Negara tujuan utama ekspor sepatu olahraga Indonesia adalah Amerika Serikat (AS). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor sepatu olahraga dalam negeri ke AS mencapai US$ 731,5 juta (Rp. 9,7 triliun) atau sebesar 27% dari total ekspor. Sementara itu di posisi kedua untuk negara tujuan ekspor sepatu adalah Tiongkok dengan nilai US$ 323,9 juta. Kemudian di posisi berikutnya adalah Belgia dengan nilai US$ 319,5 juta.

Sebagai informasi, ekspor Indonesia mengalami kekhawatiran. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok. Terutama beberapa komoditas yang diekspor ke kedua negara tersebut.

Hal yang perlu dilakukan adalah lobi pemerintah untuk menjaga pasar ekspor saat ini serta untuk mencari pasar ekspor baru untuk mengurangi dampak kenaikan tarif bea masuk yang dilakukan Amerika Serikat maupun Tiongkok.

 

Nah, itulah pembahasan mengenai  ekspor sepatu olahraga Indonesia. Sebagai andalan industri alas kaki, komoditi sepatu olahraga terus ditingkatkan agar dapat terus menjajaki pasar ekspor potensia. Semoga pembahasan pad artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com