Negara Tujuan Ekspor Kayu Manis Indonesia

Negara Tujuan Ekspor Kayu Manis Indonesia

Negara Tujuan Ekspor Kayu Manis Indonesia – Hampir 85% kayu manis yang berada di pasar dunia dipasok dari Indonesia (greeners.co). Selain menjadi eksportir, juga menjadi produsen kayu manis. Terdapat beberapa daerah di Indonesia yang menjadi produsen tanaman rempah yang satu ini.

"<yoastmark

Terdapat 4 jenis kayu manis yaitu Cinnamomum Vorum, C. Burmannii,C. Laoureiroi, dan C, Aromaticum. Namun di Indonesia sendiri, kayu manis yang paling banyak dibudidayakan yaitu jenis Cinnamomum Burmanni. Jenis ini banyak tersebar di daerah Sumatera Barat dan Jambi.

Indonesia memang terkenal dengan komoditas tanaman rempahnya. Selain cengkeh dan pala, kayu manis juga menjadi komoditas rempah unggulan Indonesia di pasar ekspor. Lalu ke mana sajakah Indonesia mengekspor kayu manis? Berikut ini pembahasannya untuk Anda.

 

Baca Juga: Harga Kayu Manis Super Kualitas Ekspor Tahun 2018 | Jual Kayu Manis Kualitas Dunia

 

Produksi Kayu Manis Indonesia

"<yoastmark

Produk kayu manis Indonesia memiliki macam-macam bentuk, yakni bentuk gulungan, broken dan bubuk. Komoditas ini masih diminati di pasar Internasional. Terutama negara-negara di benua Eropa, kayu manis produksi Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Jambi menjadi primadona di pasar rempah-rempah di sana.

Terbukti dari permintaan kayu manis dari konsumen Eropa yang tidak pernah terhenti sejak puluhan tahun lalu. Bahkan volume permintaan tanaman rempah yang satu ini terus meningkat. Pada tahun 2011, ekspor kayu manis tercatat sebesar 45.695 ton senilai US$ 60.798 ribu.

Di tahun 2012, ekspor tanaman rempah ini mengalami penurunan menjadi 40.403 ton senilai US$ 49.593 ribu. Namun pada tahun 2013 ekspor kayu manis kembali meningkat menjadi 52.507 ton senilai US$ 72.958 ribu.

 

Daerah Produsen Kayu Manis Indonesia

"<yoastmark

Sebagai eksportir dan produsen kayu manis, Indonesia juga memiliki beberapa darah penghasil kayu manis terbesar di dunia. Tanaman rempah ini dapat tumbuh baik di negara ini karena iklimnya tropis dan tanahnya subur. Tak heran, jika kualitas kayu manis asal Indonesia telah diakui dunia. Berikut ini beberapa daerah di Indonesia yang memproduksi kayu manis:

1. Jambi

Daerah penghasil kayu manis terbesar di Indonesia adalah Jambi, tepatnya di Kabupaten Kerinci. Mayoritas warga di sana berprofesi sebagai petani kayu manis. Bahkan daerah ini menjadi salah satu pengekspor kayu manis terbesar di dunia.

 

2. Sumatera Barat

Daerah berikutnya adalah Sumatera Barat (Sumbar). Di daerah ini akan sangat mudah menemukan perkebunan kayu manis. Selain itu, Sumbar juga menjadi salah satu provinsi dengan produksi kayu manis terbesar di Indonesia.

 

3. Yogyakarta

Daerah penghasil kayu manis terbesar di pulau Jawa adalah Yogyakarta. Sebenarnya setiap provinsi di Jawa terdapat perkebunan kayu manis, namun jumlah yang dihasilkannya tidak sebanyak Yogyakarta.

 

 

Negara Tujuan Ekspor Kayu Manis Indonesia

"<yoastmark

Sebagai pengekspor kayu manis, Indonesia mengirimkan komoditasnya ini ke berbagai negara di dunia. Berikut ini daftar negara tujuan ekspor kayu manis Indonesia:

  1. Amerika Serikat
  2. Jerman
  3. Kanada
  4. Belanda
  5. Australia
  6. Uni Emirat Arab
  7. Britania Raya
  8. Meksiko
  9. Federasi Rusia
  10. Jepang
  11. India
  12. Perancis
  13. Vietnam
  14. Bangladesh
  15. Taipei, Cina
  16. Ethiopia
  17. Polandia
  18. Afrika Selatan
  19. Malaysia
  20. New Zealand

 

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini mengenai komoditas kayu manis. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai ekspor kayu manis Indonesia dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda sekalian. Salam Eksportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com