Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor

Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor

Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor – Indonesia merupakan salah satu negara yang mengekspor mobil ke berbagai negara. Terutama di kawasan Asia Tenggara didaulat sebagai produsen terbesar kedua setelah Thailand.

Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor
Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor – Mister Exportir

Selain itu, penjualan mobil di Indonesia juga berkembang pesat. Terbukti dengan didaulatnya sebagai negara pasar otomotif terbesar di ASEAN. Terdapat beberapa merek mobil yang laris di Indonesia. Baik dari segi ekspor maupun penjualannya.

Lalu apa sajakah merek mobil Indonesia yang laris di ekspor? Hal tersebut akan menjadi fokus pembahasan pada artikel kali ini. Sekaligus beberapa informasi tambahan yang akan kami sajikan untuk Anda.

 

Baca Juga: Nilai Ekspor Mobil Indonesia Menurut Negara Tujuan

 

Di ASEAN, Indonesia Jadi Pasar Otomotif Terbesar

Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor
Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor – Mister Exportir

Pada tahun 2017, Indonesia didaulat menjadi pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Tercatat pada tahun tersebut sebanyak 1,1 juta unit atau 33% dari penjualan mobil ASEAN terjual di Indonesia.

Salah satu hal yang memengaruhi hal tersebut adalah pertumbuhan ekonomi di Indonesia sendiri. Selain hal tersebut, luasnya Indonesia juga turut menopang tingginya permintaan otomotif nasional. Hal ini menunjukkan dunia otomotif Indonesia berkembang cukup pesat.

Selain itu, penjualan mobil Indonesia sepanjang semester pertama 2018 tumbuh 3,8% menjadi 553.757 unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebanyak 533.506 unit.

 

 

Merek Mobil Domestik Terlaris di Juni 2019

Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor
Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor – Mister Exportir

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan mobil untuk merek-merek otomotif PT Astra International Tbk (ASII) per Juni 2019 mencapai 26,5 ribu unit. Sementara merek otomotif non-Astra sebanyak 33 ribu unit.

Penjualan mobil Astra pada Juni mengalami penurunan sebesar 41,21% dari 45,1 ribu unit pada bulan Mei 2019. Begitupula dengan penjualan merek mobil non-Astra yang juga mengalami penurunan sebesar 15,38% dari 39 ribu unit pada Mei 2019.

Dapat kita lihat pada grafik di atas, bahwa Toyota memimpin penjualan mobil domestik  pada Juni 2019 dengan 18,6 ribu unit. Meskipun pada bulan Mei, penjualan merek mobil ini menunjukkan penurunan 36,16%.

Sementara pada posisi kedua adalah Mitsubishi dengan penjualan sebanyak 11,9 ribu unit. Selanjutnya Honda dan Suzuki menyusul dengan penjualan masing-masing 7,5 ribu dan 7,2 ribu.

 

Baca Juga: Negara Tujuan Ekspor Rumput Laut Indonesia

 

Merek Mobil Indonesia yang Laris di Ekspor

Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor
Merek Mobil Indonesia yang Paling Laris di Ekspor – Mister Exportir

Sejak 2007, Indonesia telah menjadi negara net eksportir mobil. Pada tahun itu ekspor mobil Completely Build Up (CBU) mencapai 60.267 unit. Sementara impor hanya 55.122 unit. Dengan artian terjadi surplus perdagangan mobil sebanyak 5.155 unit.

Puncaknya ekspor mobil Indonesia adalah pada tahun 2015 dengan jumlah hampir mencapai 208 ribu unit. Namun setelah itu mengalami penurunan. Indonesia didaulat menjadi negara dengan produksi mobil terbesar kedua di ASEAN, setelah Thailand.

Ekspor kendaraan utuh (Completely Build Up/ CBU) Indonesia meningkat  23,1% dari 137,6 ribu unit (Januari-Juli 2018) menjadi 169,4 ribu unit (Januari-Juli 2019). Merek Mitsubishi mengalami peningkatan tertinggi dari tahun sebelumnya. Yakni mencapai 529,5% dari 4,6 ribu unit menjadi 28,7 ribu unit pada Januari-Juli 2019.

Sementara di golongan merek ekspor CBU terlaris, Mitsubishi berada di urutann ketiga sepanjang tahun 2019. Daihatsu menjadi merek mobil terlaris pertama dalam ekspor CBU dengan total ekspor sebanyak 66,8 ribu unit. Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 12% dari Januari-Juli 2018 yang sebanyak 59,6 ribu unit. Di urutan kedua ditempati oleh Toyota dengan total ekspor sebanyak 49,2 ribu unit. Lain hal dengan ekspor CBU Toyota yang turun 10,8% dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 55,2 ribu unit.

Setelah Mitsubishi, di urutan keempat ditempati oleh Suzuki dengan ekspor sebanyak 17,6 ribu unit. Angka ini meningkat 13,9% dari periode sebelumnya yang sebesar 15,4 ribu unit. Selanjutnya Honda menyusul dengan total ekspor CBU sebanyak 3,8 ribu unit.

 

Demikianlah pembahasan mengenai merek mobil Indonesia yang laris diekspor pada tahun 2019. Semoga informasi yang kami sajikan untuk Anda dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda sekalian yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com