TOP 10+ Komoditas Ekspor Impor Qatar, Anda Wajib Tahu!

TOP 10+ Komoditas Ekspor Impor Qatar, Anda Wajib Tahu!

Komoditas Ekspor Impor Qatar – Qatar merupakan sebuah negara emirat di Timur Tengah. Terletak di sebuah semenanjang kecil di Jazirah di Asia Barat. Di sebelah selatan berbatasan dengan Arab, ini merupakan satu-satunya batas Qatar. Sementara sisanya berbatasan dengan Teluk Persia. Juga memisahkan Qatar dari negara Bahrain.

Komoditas Ekspor Impor Qatar
Komoditas Ekspor Impor Qatar – Mister Exportir

Berdasarkan statistik dari Basis Data Outlook Ekonomi Dunia dari Dana Moneter Internasional, Qatar adalah negara terkaya di dunia dalam hal PDB per kapita. Qatar mengirimkan sekitar US $ 82,7 miliar barang di seluruh dunia pada tahun 2018. Jumlah dolar itu mencerminkan penurunan -37,1% sejak 2014 tetapi kenaikan 29,5% dari 2017 hingga 2018.

Pada pembahasan kali ini, kita akan lebih fokus membahas mengenai komoditas ekspor impor Qatar. Dari sekian banyak komoditas Qatar, beberapa di antaranya merupakan komoditas terbesar di negara tersebut. Berikut ini pembahasannya.

 

Baca Juga: TOP 10+ Komoditas Ekspor Impor Alaska!

 

Sekilas Tentang Ekonomi Negara Qatar

Komoditas Ekspor Impor Qatar
Komoditas Ekspor Impor Qatar – Mister Exportir

Ekonomi Qatar adalah salah satu ekonomi terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita. Per 2016, PDB per kapita Qatar menempati posisi nomor 4 tertinggi di dunia, menurut Dana Moneter Internasional (IMF).

Negara ini sangat mengandalkan tenaga asing untuk pertumbuhan ekonominya, sampai pada taraf pekerja migran mencapai 86% populasi penduduk dan 94% angkatan kerja.Pertumbuhan ekonomi Qatar hampir selalu ditopang oleh minyak bumi dan gas alam sejak ditemukan tahun 1940. GDP Qatar = 167,6 miliar USD (2017).

 

Inilah Komoditas Ekspor Qatar Terbesar, Anda Sudah Tahu?

Komoditas Ekspor Impor Qatar
Komoditas Ekspor Impor Qatar – Mister Exportir

Ternyata Qatar memiliki komoditas ekspor yang sangat luar biasa. Di antara banyaknya komoditas ekspor yang dimiliki oleh negara Qatar, berikut ini sejumlah komoditas ekspor yang terbesar di negara tersebut:

§  Natural gas, liquefied (USD 34,155,628)

§  Petroleum oils and oils obtained from bituminous minerals, crude (USD 2,008,019)

§  Light oils and preparations, of petroleum or bituminous minerals (USD 6,531,161)

§  Medium oils and preparations, of petroleum or bituminous minerals, not containing biodiesel, n.e.s. (US 4,723,901)

§  propane, liquefied (USD 3,714,512)

§  Butanes, liquefied (excluding of a purity of >= 95% of N-butane or isobutane) (USD 2,174,512)

§  Urea, whether or not in aqueous solution (USD 1,390,147)

§  Unwrought aluminium alloys (USD 1,308,223)

§  Polyethylene with a specific gravity of < 0,94, in primary forms (USD 1,176,477)

§  Polyethylene with a specific gravity of >= 0,94, in primary forms (USD 904,147)

Sudah Tahu? Inilah Komoditas Impor dari Indonesia

Selain sebagai negara pengekspor, Qatar juga melakukan impor ke beberapa komoditas Indonesia. Apa sajakah komoditas yang diimpor oleh Qatar? Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

§  Motor cars & other motor vehicles principally designed for the transport of persons (USD 19,185)

§  Soap; organic surface-active products and preparations for use as soap (USD 8,142)

§  Uncoated paper and paperboard, of a kind used for writing, printing or other graphic purposes (USD 6,385)

§  Toilet or facial tissue stock, towel or napkin stock and similar paper for household or sanitary purposes (USD 5,413)

§  Wood charcoal, incl. shell or nut charcoal, whether or not agglomerated (USD 3,440)

§  New pneumatic tyres, of rubber (USD 3,411)

§  Tableware, kitchenware, other household articles and toilet articles (USD 2,992)

§  Insulated “incl. enamelled or anodised” wire, cable -incl. coaxial cable- and other insulated electric conductors (USD 2,885)

§  Woven fabrics of synthetic filament yarn (USD 2,129)

§  Pasta, whether or not cooked or stuffed with meat (USD 1,898)

Komoditas Impor Terbesar Qatar

Komoditas Ekspor Impor Qatar
Komoditas Ekspor Impor Qatar – Mister Exportir

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa Iran melakukan impor ke beberapa komoditas yang ada di Indonesia. Di antara komoditas-komoditas tersebut, ada beberapa komoditas yang ternyata menjadi komoditas impor terbesar Qatar. Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

§  Aeroplanes and other powered aircraft of an of an unladen weight > 15000 kg (USD 2,770,423)

§  Articles of jewellery and parts thereof, of precious metal other than silver, whether or not plated or clad with precious metal (USD 1,586,852)

§  Turbojets of a thrust > 25 Kn (USD 1,079,626)

§  Motor cars & other motor vehicles principally designed for the transport of persons, incl. station wagons and racing cars (USD 1,460,923)

§  Vessels, incl. lifeboats (excluding warships, rowing boats and other vessels of heading 8901 to 8905 and vessels for breaking up) (USD 354,072)

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Qatar

Komoditas Ekspor Impor Qatar
Komoditas Ekspor Impor Qatar – Mister Exportir

Dalam melakukan pengiriman komoditas ekspor dan impor, Qatar menjadikan pelabuhan laut dan bandar udara sebagai alternatif untuk melakukan pengiriman barang. Berikut ini beberapa pelabuhan laut yang dimiliki oleh Qatar:

1. Pelabuhan Doha

Pelabuhan Doha adalah satu-satunya pelabuhan komersial di negara bagian Qatar, yang menangani sebagian besar jenis kargo (kecuali curah cair). Sistem Operasi Terminal Master Jade Care (TOS) telah diimplementasikan untuk meningkatkan input operasional dan pengambilan status data dari manual ke elektronik, dan meningkatkan efisiensi di Pelabuhan Doha.

2. Pelabuhan Ras Raffan

Pelabuhan Ras Laffan adalah pelabuhan laut dalam dan pelabuhan buatan terbesar di dunia, dan berisi fasilitas ekspor LNG terbesar di dunia. Saat ini mencakup enam tempat LNG, enam tempat produk cair, satu tempat sulfur dan enam tempat kargo kering. Ada 14 sandaran kapal pendukung dan dua tambatan satu titik di lepas pantai.

Ini adalah pelabuhan hub yang sempurna untuk mendukung kegiatan lepas pantai bagi sebagian besar perusahaan yang beroperasi di lepas pantai. Pelabuhan Ras Laffan dan kota industri di sekitarnya telah berhasil mencapai tujuan bersama untuk mengubah Qatar menjadi pemasok LNG terkemuka dunia. Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

Selain pelabuhan laut, Qatar pun memiliki sejumlah bandar udara internasional yang juga menjadi salah satu alternatif untuk melakukan pengiriman komoditas ekspor dan impor ke seluruh dunia. Berikut ini beberapa bandar udara internasional yang ada di Qatar:

1. Bandar Udara Internasional  Doha

Bandar Udara Internasional Doha adalah bandara di Doha, Qatar. Itu adalah bandara internasional komersial Qatar hingga Bandara Internasional Hamad dibuka pada tanggal 27 Mei 2014. Sementara semua lalu lintas komersial yang dijadwalkan berhenti, lokasi bandara dan landasan pacu yang ada masih digunakan oleh Angkatan Udara Qatar Emiri, Rizon Jet, Helikopter Teluk, dan Qatar Aeronautical College.

2. Bandar Udara Internasional Hammad

Bandar Udara Internasional Hammad adalah adalah satu-satunya bandara internasional di negara Qatar. Terletak di selatan ibukotanya, Doha, bandara ini menggantikan bekas Bandara Internasional Doha sebagai bandara utama Qatar.

Sebelumnya dikenal sebagai Bandara Internasional Doha Baru (NDIA), Bandara Internasional Hamad awalnya dijadwalkan untuk dibuka pada tahun 2009, tetapi setelah serangkaian penundaan yang mahal, bandara akhirnya dibuka pada 30 April 2014 dengan pendaratan penerbangan Qatar Airways seremonial dari Doha International.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Qatar. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian yang telah membacanya. Serta memotivasi kita semua untuk bisa terus lebih baik lagi dalam menjalanan kehidupan atau bisnis yang sedang dijalani.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com