Jasa Ekspor Buah ke Luar Negeri dan Potensinya

Jasa Ekspor Buah ke Luar Negeri dan Potensinya

Jasa ekspor buah ke luar negeri termasuk jenis jasa yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Pasalnya, buah Indonesia memang dikenal memiliki banyak peminat di pasar internasional.

Buah-buahan sebagai bagian dari produk hasil pertanian merupakan salah satu komoditas yang banyak menyumbang nilai ekspor. Hal ini tak lepas dari pesatnya sektor pertanian yang menjadi bagian penting dari perekonomian negara kita.

Seperti yang diketahui, sebagai negara tropis yang ditumbuhi oleh beragam jenis tanaman, Indonesia menyimpan keunikan tersendiri dari segi alamnya yang menghasilkan variasi tumbuhan terbaik. Ini juga tercermin dalam hasil buah-buahannya yang berkualitas tinggi dan banyak macamnya.

Biar makin jelas, yuk simak informasi terkait jasa ekspor buah ke luar negeri dan caranya dari Mister Exportir berikut ini.

Jasa Ekspor Buah ke Luar Negeri

Komoditas Buah-buahan dan Pertanian Indonesia

Sektor pertanian Indonesia masih menjadi primadona yang nilai ekspornya sangat besar karena memang banyak sekali jenis hasil pertanian negara kita yang wara-wiri di pasar internasional.

Salah satu komoditas hasil pertanian nasional yang cukup tinggi peminatnya di pasar ekspor adalah buah-buahan eksotis yang banyak dicari oleh berbagai negara.

Berbagai jenis buah-buahan Indonesia seperti manggis, pisang, salak, dan lainnya sudah berhasil menembus ke banyak negara dengan volume pengiriman yang besar pula.

Kesuksesan beragam jenis komoditas buah Indonesia di pasar ekspor tak lepas dari kondisi alam negara ini yang memiliki iklim tropis yang menjadi habitat hidupnya banyak jenis tanaman eksotis yang jarang ditemukan di negara lain.

Selain itu, luas daerah perkebunan dari berbagai jenis tanaman tersebut terbukti mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri hingga ke luar negeri. Ditambah dengan cuaca yang ideal untuk mengembangkan beragam jenis tanaman, Indonesia menjadi salah satu eksportir buah yang kualitasnya disukai oleh banyak negara .

Hal ini dibuktikan saat periode munculnya pandemi akibat virus Covid-19, banyak sektor mengalami keterpurukan dari segi nilai ekonominya. Akan tetapi, sektor pertanian justru mencatat peningkatan positif dari segi nilai ekspornya pada periode 2019 sampai 2021.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa nilai ekspor sektor pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 14,03%, dengan yang tertinggi adalah subsektor tanaman pangan.

Besarnya nilai ini menjadi bukti bahwa pertanian lokal termasuk buah-buahan Indonesia mampu bersaing secara kualitas di taraf internasional serta semakin membuka peluang terjangkaunya pasar baru yang prospektif.

Jika dilihat dari segi geografisnya, Sumatera dan Jawa tercatat sebagai daerah penghasil buah-buahan lokal yang terbesar. Beberapa daerah yang terkenal di antaranya adalah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

ekspor nanas pisang

3 Komoditas Buah Indonesia Tertinggi di Pasar Ekspor

Indonesia dikenal dengan keragaman jenis buah-buahan tropis yang manis dan berkualitas tinggi. Beberapa jenis buah memang sudah dikenal di seluruh dunia.

Mulai dari pisang, nanas, manggis, salak, durian, buah naga, dan lainnya sudah berhasil menembus pasar ekspor berbagai negara.

Nah, berikut ini Mister Exportir rangkum 3 komoditas buah Indonesia yang tertinggi diekspor ke luar negeri berdasarkan data tahun 2020.

  1. Nanas

Pada tahun 2020, nanas menjadi buah asal Indonesia yang paling banyak diekspor ke luar negeri, yaitu dengan jumlah 147 ribu ton dari periode Januari sampai September. Dengan jumlah tersebut, nanas menempati urutan pertama di jajaran buah terlaris.

Indonesia sendiri pada tahun 2018 pernah dinobatkan sebagai negara penghasil nanas terbesar oleh worldatlas. Besarnya produksi nanas inilah yang mempengaruhi tingginya volume ekspor buah tersebut ke berbagai negara.

Berdasarkan negara tujuannya, ekspor nanas Indonesia terbesar dikirim ke Amerika Serikat, diikuti oleh Belanda dan Spanyol. Tercatat pengiriman nanas pada periode Januari-September 2020 ke Amerika Serikat mencapai 43,5 ribu ton.

  1. Manggis

Jenis buah asal Indonesia yang menempati urutan kedua tertinggi diekspor pada 2020 adalah manggis. Buah ini memang sudah lama menjadi kebanggaan Indonesia di pasar ekspor.

Pada periode Januari hingga September 2020, Indonesia tercatat mengekspor manggis dengan total volume sebanyak 47,3 ribu ton ke berbagai negara. Jumlah ini merupakan peningkatan drastis dari tahun 2020, yaitu sebesar 27,7 ribu ton.

Sementara itu, negara tujuan ekspor manggis asal Indonesia yang terbesar adalah Hong Kong dengan pengiriman sebesar 25,6 ribu ton, dan selanjutnya diikuti oleh Malaysia dan Tiongkok.

Sejauh ini, manggis adalah buah yang mengalami peningkatan ekspor sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu faktor penyebabnya adalah anjuran WHO terkait makanan sehat saat menghadapi pandemi Covid-19.

  1. Pisang

Pada tahun 2020, pisang menjadi buah-buahan ketiga yang paling banyak diekspor oleh Indonesia ke luar negeri. Tercatat jumlah ekspor pisang hingga periode September 2020 mencapai 9,7 ribu ton.

Indonesia memang masuk ke dalam jajaran negara penghasil buah pisang terbanyak di dunia. Karena itulah jumlah ekspor pisang dari Indonesia selalu bernilai tinggi.

Salah satu jenis pisang Indonesia yang banyak diminati di pasar ekspor adalah Cavendish, yang memang sedang menjadi perhatian pemerintah untuk ditingkatkan kinerja ekspornya.

Adapun, negara tujuan ekspor pisang asal Indonesia ini didominasi oleh Malaysia, Jepang, dan Tiongkok.

ekspor manggis

Jasa Ekspor Buah ke Luar Negeri

Jasa ekspor buah ke luar negeri semakin banyak dicari terutama melihat potensi ekspor buah Indonesia yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Sebagai negara penghasil buah-buahan yang banyak macamnya serta berkualitas baik, peluang masyarakat Indonesia dalam membuat komoditas ini menjadi sumber pendapatan ekonomi sangatlah tinggi.

Apalagi jika sudah bisa memanfaatkan kesempatan ekspor dengan baik, tentunya pelaku usaha buah-buahan Indonesia ini bisa semakin berkontribusi pada perekonomian negara.

Saat ini, masyarakat yang bertindak sebagai pelaku usaha komoditas buah dapat mengekspor produknya ke berbagai negara dengan melalui bantuan jasa kirim yang ada di Indonesia.

Bagi pelaku usaha buah-buahan yang ingin terjun ke bisnis ekspor, cukup plih jasa kirim yang paling tepat untuk membantu memfasilitasi kebutuhan segala kebutuhan ekspor.

Salah satu jasa ekspor buah ke luar negeri terbaik yang dapat dipilih layanannya adalah Mister Exportir.

Mister Exportir merupakan perusahaan logistik paling terpercaya dan aman di seluruh Indonesia karena memiliki tim yang andal serta berpengalaman menangani ekspor segala jenis komoditas ke banyak negara.

Mulai dari ekspor buah-buahan segar, hewan hidup, hingga tanaman hias biasa ditangani oleh Mister Exportir.

Pembudidaya tanaman hias saat ini bisa mengirimkan produknya ke berbagai negara dengan Mister Exportir yang sudah memiliki agen di lebih dari 80 negara.

Melalui Mister Exportir, calon pelanggan akan difasilitasi dalam kelengkapan berbagai dokumen yang diperlukan untuk mengekspor tanaman hias di antaranya phytosanitary certificate dan SIP Mentan.

Salah satu layanan Mister Exportir yang dapat digunakan oleh pelaku usaha atau petani buah adalah tersedianya jasa undername ekspor bagi yang membutuhkan. Selain itu, pengiriman segala jenis buah-buahan ke luar negeri ditangani oleh Mister Exportir dari awal hingga barang sampai ke negara tujuan dengan selamat.

Sebelum melakukan proses ekspor buah ini, pelaku usaha atau petani buah juga dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan tim Mister Exportir terkait segala kebutuhan ekspor yang akan dihadapi. Konsultasi ini bisa didapatkan secara gratis agar lebih siap saat mengekspor komoditas buah nantinya.

Mister Exportir sangat berpengalaman dalam menangani ekspor segala jenis buah ke berbagai negara.

Saat ini, Mister Exportir merupakan jasa ekspor barang yang termurah, paling aman, dan berkualitas di bidangnya jika dibandingkan dengan jasa kirim yang lain.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge