Silahkan Hubungi Tim Spesialis Ekspor Kami
Franchise Indomaret

Franchise Indomaret

Siapa sih yang tidak kenal Indomaret, yup salah satu franchise mini market yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan menyajikan berbagai macam barang kebutuhan banyak orang.

Jadi jangan heran jika mini market indomaret akan sangat mudah ditemukan disekitar lingkungan rumah mu.

Tidak hanya itu, mini market Indomaret juga memfasilitasi para pelangganya untuk terus nyaman berbelanja dalam mini market dengan pelayanan yang ramah, display yang rapi, tempat yang bersih dan sejuk.

Hal ini tentu membuat franchise atau waralaba Indomaret mempunyai prospek bisnis bagus yang patut untuk dicoba.

Buat kamu yang masih awam dan bingung untuk memulai bisnis waralaba ini, tenang saja di artikel kali ini kita bakal memberikan kamu informasi lengkap bagaimana cara untuk bergabung dan memulai bisnis franchise Indomaret. Jadi simak aja ulasan lengkap kami di artikel berikut ini ya!.

Rangkuman Info Usaha dan Strategi Berbisnis Franchise Indomaret

Dari sekian banyak bisnis franchise, mini market indomaret adalah salah satu bisnis yang cukup potensial dan diminati oleh banyak orang saat ini. Karena menawarkan resiko kegagalan yang kecil dan sistem usaha yang sudah terbangun dengan solid.

Rangkuman Info Usaha dan Strategi Berbisnis Franchise Indomaret
source: bisnis-cdn

Supaya kamu lebih paham dengan bisnis ini, yuk simak aja info waralaba indomaret yang sudah kita rangkum buat kamu dibawah ini :

Pedoman Untuk Memulai Dan Menjalankan Bisnis Franchise Indomaret

Persyaratan Untuk Memulai Bisnis Mini Market Indomaret

Persyaratan Untuk Memulai Bisnis Mini Market Indomaret
source: freepik

Sebagai langkah awal untuk memulai bisnis mini market indomaret ini, para pelaku bisnis harus mengetahui beberapa persyaratan untuk bisa bermitra dengan indomaret yang meliputi :

  • Warga Negara Indonesia
  • Menyediakan ruang untuk usaha dengan ukuran minimal 50 M² sampai dengan 200 M² baik milik sendiri maupun sewa. Khusus untuk lokasi perkantoran, apartemen, SPBU, Rumah Sakit, dan kawasan wisata pelaku bisnis harus menyediakan ruang 50 M² untuk membuka gerainya.
  • Lokasi sendiri haruslah memperhatikan tiga hal utama yakni : Aksesbilitas kendaraan, berdekatan dengan jalan raya, dan memiliki aksesbilitas terhadap konsumen.
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak(NPWP), Surat Izin Untuk Perusahaan(SIUP), Pengusaha Kena Pajak(PKP), dan juga surat perizinan yang lainnya.
  • Biaya Franchise selama 5 tahun dan modal investasi peralatan toko.

Setelah semua persyaratan dan dokumen telah lengkap maka selanjutnya kamu sudah bisa mendaftar untuk bergabung menjadi mitra indomaret. Kamu bisa mulai mendaftar melalu layanan call center yang tersedia di nomor 1500-580.

Atau kamu bisa langsung mengunjungi website resmi indomaret untuk bisa mengunduh form pendaftaran dan mendapatkan info lengkap terkait pendaftaran.

Setelah mendaftar anda harus menunggu dengan sabar untuk menerima konfirmasi dari pihak Indomaret. Karena pihak Indomaret memerlukan waktu untuk menverifikasi kelengkapan dokumen anda dan mesurvei lokasi yang anda ajukan.

Berdasarkan direktori franchise Indonesia hingga tahun 2020, tercatat Indomaret sudah memiliki gerai lebih dari 16.900 toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan rincian lengkap bahwa 60 % toko adalam milik pihak Indomaret dan sisanya milik masyarakat yang memulai bisnis indomaret ini.

Tahapan Kerja Sama Sebagai Mitra Bisnis Mini Market Indomaret

Setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak franchise Indomaret, tim verifikator nantinya akan melakukan presentasi dalam 2 tahapan.

Tahapan pertama adalah tim akan mempresentasikan tentang keuntungan bisnis per bulan, mekanisme kerja, besara investasi dan juga sistem operasional  dari bisnis ini.

Sangat diharapkan dalam tahapan ini para pelaku bisnis untuk membawa salinan dokumen pendaftaran seperti Kartu Keluarga, KTP, IMB, SIUP dan juga NPWP yang nantinya akan dicek juga oleh tim verifikator.

Dalam tahapan kedua seperti layaknya bisnis franchise alfamart tim verifikator akan memberikan hasil dari kelayakan tempat, rancangan anggaran belanja dan juga besara investasi yang dimiliki pelaku bisnis berdasarkan hasil survey yang mereka lakukan.

Setelah melalui tahapan ini biasanya akan dilanjutkan dengan tahapan penandtanganan kontrak antara pihak indomaret dan juga pelaku bisnis dalam sebuah nota kesepakatan.

Nota kesepakatan tersebut berisi tentang porsi pembagian tugas antara pihak indomaret dan pelaku bisnis dalam hal pengurusan izin usaha, pembukaan gerai, renovasi gerai, rekrutmen pegawai, pembelian perlengkapan gerai dan juga pembayaran termin.

Setelah semua tahapan tersebut dilewati pelaku bisnis akan memasuk tahapan terakhir yakni pembukaan gerai. Dalam proses ini pihak indomaret akan melakukan proses pembukaan dan juga promosi secara resmi, diikuti dengan penandatangan kontrak selama 5 tahun terhitung dari ditandatanganinya kontrak ini.

Perhitungan Biaya Investasi Bisnis Mini Market Indomaret

Perhitungan Biaya Investasi Bisnis Mini Market Indomaret
source: freepik

Bagi para pelaku bisnis franchise Indonesia Indomaret tentunya penting bagi mereka untuk memperhatikan dan menyiapkan modal investasi untuk gerai mereka.

Para pelaku bisnis indomaret diwajibkan untuk mempunyai modal investasi sekitar Rp.394 juta untuk pembukaan gerai baru.

Biaya tersebut sudah meliputi biaya franchise sekitar Rp.36 juta. Lalu biaya promosi dan persiapan sekitar Rp.9,5 juta. Renovasi dan biaya penambahan listrik sekitar Rp.170,5 jut. Serta peralatan elektronik dan non elektronik sekitar Rp.178 juta.

Biaya tersebut tidak termasuk gaji pegawai dan juga biaya sewa bangunan tempat usaha

Sedangkan untuk biaya franchise indomaret 2020 melalui cara takeover atau mengambil alih gerai yang sudah dijalankan oleh pihak indomaret.

Para pelaku bisnis harus menyiapkan dana investasi sekitar 300 juta sampai dengan 600 juta. Biaya tersebut sudah termasuk royalty yang harus dibayarkan untuk menjalankan franchise dan juga sewa bangunan selama 5 tahun. Biaya belum termasuk biaya renovasi, perlengkapan tambahan dan gaji pegawai.

Prosedur Take Over Bisnis Mini Market Indomaret

Prosedur Take Over Bisnis Mini Market Indomaret
source: freepik

Takeover indomaret adalah salah satu cara bagi para pelaku bisnis yang ingin memulai bisnis indomaret tapi tidak memiliki lokasi usaha.

Melalui mekanisme para pelaku bisnis bisa mengambil alih gerai Indomaret yang telah dijalankan pihak indomaret sebelumnya. Bagi kamu yang ingin menjalankan cara ini kamu bisa memulai dengan mengajukan presentasi proposal gerai.

Jika disetujui kamu bisa berlanjut tahapan pembahasan dan penandatanganan kontrak perjanjian peningkatan dan pembayaran biaya franchise.

Selanjutnya, pihak indomaret akan membantumu untuk mengurus perizinan usaha gerai  yang akan kamu takeover dan setelah proses selesai kamu bisa langsung untuk membuka gerai yang sudah kamu take over.

Keuntungan Bisnis Mini Market Indomaret

Keuntungan Bisnis Mini Market Indomaret
source: freepik

Berdasarkan estimasi para pelaku bisnis yang menjalankan bisnis ini akan mendapat keuntungan atau balik modal dalam kurun waktu 3-5 tahun.

Pihak indomaret sendiri menargetkan bahwa per harinya para pelaku bisnis bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp.7 sampai Rp.9 juta perhari atau perbulanya bisa mencapai angka Rp.200 juta sampai 270 juta.

Berkat itu para pelaku usaha akan mendapatkan keuntungan bersih sekitar 5% yakni sekitar Rp.10 sampai 13 juta yang sudah dipotong dari belanja produk, gaji karyawan, biaya royalty dam biaya lain-lain.

Para pelaku bisnis sendiri baru dikenakan biaya royalty jika omset diatas Rp.175 juta dan memiliki kisaran royalty sekitar 2-4 juta.

Bahkan jika tidak mencapai omset para pelaku bisnis juga bisa memindah usaha gerai dengan biaya renovasi, sewa dan lain-lain yang ditanggung sendiri.

Seorang pelaku bisnis bernama Yuliane Setyoaji bahkan telah memberikan testimoni franchise indomaret miliknya. Beliau bilang bisa mendapat omset lebih dari Rp.8.5 juta perharinya, sesuai dengan target yang direncanakan oleh pihak indomaret.

Fasilitas Pendukung Pihak Indomaret Untuk Mitranya

Dalam menjalankan bisnis ini, tentunya para pelaku bisnis juga akan mendapatkan sejumlah franchise indomaret keuntungan yang bakal mendukung bisnis gerai indomaret kamu.

Dukungan tersebut tentunya akan membantu anda dalam menyiapkan dan memanajemen gerai anda.

Seperti terkait dengan survey kelayakan tempat usaha, survey kelayakan investasi, perencanaan dan tata ruang gerai, pengurusan ijin usaha, perencanaan RAB. Lalu renovasi, pembelian perlengkapan, promosi, sistem administrasi dan operasional, kredit barang dagangan, rekrutmen dan pelatihan karyawan.

Sekian informasi dari kami tentang  info serta strategi dari bisnis franchise Indomaret. Semoga bisa membantumu untuk menjalankan bisnis mini market Indomaret nanti Terlepas dari segala kemudahan yang ada di bisnis ini.

Satu hal yang pasti jangan lupa untuk tetap bekerja keras dan menjaga komitmen dalam menjalankan bisni ini. Supaya nanti kita bisa sukses dan meraih keuntungan yang maksimal dari bisnis waralaba indomaret kedepanya.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com