Ternyata Kolang-Kaling Bisa Diekspor, Simak Pemaparannya!

Ternyata Kolang-Kaling Bisa Diekspor, Simak Pemaparannya!

Ekspor Kolang-Kaling – Kegiatan ekspor dan impor merupakan hal yang biasa bagi para pelaku ekonomi tertama di pasar internasional. Pasar internasional sendiri menampung berbagai produk mulai dari pertambangan hingga furniture dan juga produk-produk lainnya. Berbagai negara saling bersaing untuk mendapatkan keuntungan dari kedua kegiatan tersebut, salah satu negara tersebut adalah Indonesia.

Ekspor Kolang-Kaling
Ekspor Kolang-Kaling – Mister Exportir

Banyak sekali kekayaan Indonesia yang dapat diekspor ke berbagai negara. Namun, ada satu produk yang ternyata dapat diekspor, yaitu kolang-kaling. Ternyata, Indonesia telah melakukan ekspor kolang-kaling sebanyak 18 ton ke negara Filipina. Hal ini membuktikan bahwa komoditas ini memang tidak bisa untuk dipandang sebelah mata.

Permintaan kolang-kaling di Filipina terbilang sangat besar, hal ini sesuai dengan pernyataan dari Ron I Sagala yang merupakan eksportir kolang-kaling di Bandung. Setiap minggunya, terhitung ada 18 ton kolang-kaling yang dikirim ke Filipina. Hal ini berarti bahwa ada 72 ton kolang-kaling dalam sebulan yang diekspor ke Filipina.

Nah, pada kesempatan kali ini, artikel ini akan memaparkan mengenai seluk beluk ekspor kolang-kaling dengan berbagai hal di dalamnya.

Sekilas Mengenai Kolang-Kaling

Ekspor Kolang-Kaling
Ekspor Kolang-Kaling-Mister Exportir

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya untuk mengetahui kolang-kaling itu sendiri terlebih dahulu. Kolang-kaling ini merupakan nama camilan kenyal yang terbuat dari biji pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk dapat dikonsumsi, kolang-kaling ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Meskipun demikian, kolang-kaling ini masih banyak diminati para konsumen.

Selain rasanya yang nikmat, kolang-kaling juga memiliki banyak sekali manfaat. Di antara manfaatnya tersebut adalah:

  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Membantu menghidrasi tubuh
  • Mencegah proses pengeroposan tulang

Dari keempat manfaat tersebut kita dapat mengetahui alasan mengapa kolang-kaling ini banyak diminati hingga diekspor ke luar negeri.

Daerah Penghasil Kolang-Kaling Terbanyak di Indonesia

Banyaknya permintaan produksi kolang-kaling memungkinkan terjadinya kekurangan produk jika hanya dari suatu daerah saja. Oleh karena itu, banyak daerah di Indonesia yang berlomba-lomba menyalurkan produk kolang-kalingnya agar bisa diekspor ke luar negeri. Di antara daerah-daerah tersebut adalah:

Sipiriok (Tapanuli Selatan)

Ekspor Kolang-Kaling
Ekspor Kolang-Kaling – Mister Exportir

Daerah yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini telah menghasilkan banyak produk kolang-kaling hingga merambah ke Filipina. Bahkan, kolang-kaling dari daerah Sipiriok ini telah mampu bersaing di Pasar Eropa, Jajirah Arab, hingga Amerika. Tidak hanya dinikmati sebagai sajian makanan, kolang-kaling ini ternyata dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan dan juga kosmetik. Menurut salah satu eksportir di Sipiriok, jumlah kolang-kaling yang diekspor mencapai 36 ton dalam setiap bulannya.

Cipongkor (Bandung Barat)

Ekspor Kolang-Kaling
Ekspor Kolang-Kaling-Mister Exportir

Selain daerah Sipiriok, di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Barat terdapat pula produksi kolang-kaling yang mendunia. Daerah Cipongkor yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini ternyata mengekspor 18 ton kolang-kaling ke Filipina setiap minggunya. Jumlah ini ternyata lebih banyak dibaningkan dengan jumlah yang diekspor oleh daerah Sipiriok. Dengan strategi menjual produk kolang-kaling setengah jadi, daerah ini tambahan nilai jual. Kepala Badan Karantina Pertanian (Kementan) Aji Jamil menuturkan bahwa pada tahun 2019 ini produk kolang-kaling juga berhasil bersaing di Pasar Eropa dan Australia.

Kabupaten Langkat

Daerah ini juga mengandalkan produk koang-kaling untuk sumber penghasilannya. Kolang-kaling yang diproduksi oleh para penrajin di Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat ini telah merambah pasar ekspor hingga ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Mekah, dan negara lainnya. Biasanya, produksi kolang-kaling ini akan melesat cepat ketika bulan Ramadan tiba. Oleh karena itu, daerah ini paling sedikit harus memproduksi sedikitnya 5 ton/hari untuk memenuhi permintaan pasar.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai ekspor kolang-kaling di berbagai daerah Indonesia. Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak daerah di Indonesia yang mampu bersaing di pasar global sehingga pengahsilan yang didapat pun menjanjikan. Selain memajukan nama Indonesia di pasar global, ekspor kolang-kaling ini juga mampu memberikan kehidupan yang baik bagi para pengrajinnya. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

 

 

 

 

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com