Mau Bisnis Bajumu Go Internasional? Ini Cara Pengemasan Paket ke Luar Negeri!

Mau Bisnis Bajumu Go Internasional? Ini Cara Pengemasan Paket ke Luar Negeri!

Bagaimana cara pengemasan paket ke luar negeri yang aman? Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh para pebisnis yang ingin memperluas pasar dengan cara ekspor. Pengemasan penting mengingat jarak jauh membuat paket mungkin saja mengalami banyak hal di jalan. 

Pengemasan yang asal-asalan tentunya mampu menurunkan kualitas barang. Alih-alih ingin mengenalkan produk terbaik, namun karena perjalanan panjang membuat kemasan produk rusak. Alhasil kualitas produkpun akan menurun dimata konsumen ketika paket sampai ditangan mereka. 

Nah, baju pun juga tak kalah saing daripada produk lainnya. Pengemasan baju untuk dikirim ke luar negeri juga harus diperhatikan dengan seksama. Khususnya jika baju tersebut berupa hampers. 

Baca Juga : Cara Import Barang dari China

keuntungan bisnis ekspor

Sebelum beralih ke cara pengemasan paket ke luar negeri, perlu diketahui jika melirik bisnis ekspor untuk mengembangkan bisnis memang bukan hal yang salah. Tentu saja hal ini karena bisnis ekspor memiliki banyak keuntungan yang sangat menggiurkan. Berikut diantaranya:

  1. Produk berkualitas Selalu Terjual

    Bisnis ekspor adalah bisnis yang bisa dilakukan siapa saja. Nah, agar produkmu bisa laku dipasaran maka Kamu juga harus mampu menyediakan produk yang berkualitas. Ketika kualitas menjadi hal terdepan dalam bisnismu, maka sudah pasti produkmu akan selalu laku terjual. 

  2. Pasar tanpa batas

    Ketika menginjak bisnis ekspor, artinya Kamu telah berbisnis tanpa batas. Kamu bisa menjual dan memamerkan produkmu dimanapun. Selain itu keuntungan yang lebih besar juga akan lekas diperoleh. 

  3.  Peluang harga yang bisa lebih tinggi

    Seringkali harga produkmu bisa meningkat lebih tinggi ketika berada di pasar internasional. Hal ini bisa dikarenakan arbitrase antar kedua negara yang berbeda. Nah, hal ini jelas akan lebih menguntungkan bukan? 

  4. Pembayaran yang lebih cepat

    Pasar lokal memiliki persaingan yang sangat tinggi sehingga tak jarang bisnis baru akan lama untuk balik modalnya. Namun berbeda jika Kamu menginjak ranah ekspor. Ketika ini Kamu akan menerima pembayaran lebih cepat sehingga Kamu bisa lekas balik modal.
    Namun hal ini masih bergantung pada persyaratan serta negosiasi dengan customer. 

Nah, diatas adalah beberapa kelebihan ekspor. Hal ini juga berlaku jika Kamu hendak mencoba bisnis baju ekspor. Dunia fashion tak pernah sepi pembeli, jadi bisnis fashion dijamin akan selalu memberikan keuntungan asal dipasarkan di tempat yang tepat.  

Cara Pengemasan Paket ke Luar Negeri

Diantara banyak paket yang ingin dikirim ke luar negeri, baju memang satu jenis paket yang relatif aman mesti harus melewati perjalanan panjang. Berbeda dengan paket makanan, paket semisal baju mampu bertahan hingga berbulan-bulan. 

Namun tahukah Kamu bahwa cara pengemasan paket ke luar negeri khususnya baju pun juga harus diperhatikan mesti baju memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca dan lain sebagainya? 

Pengemasan yang asal mampu menurunkan kualitas baju dan tentu saja ini bisa membuat konsumen merasa kecewa karena produk yang datang tak sesuai ekspektasi. Lebih lengkapnya berikut cara pengemasan paket ke luar negeri yang aman, khususnya untuk paket berupa baju. 

  1. Kenali karakteristik barang

    Setiap jenis kain secara umum memiliki kualifikasi sendiri dalam masalah perawatan. Oleh karena itu Kamu juga harus mengenali jenis atau karakter dari bahan baju yang hendak dikirim ke luar negeri.
    Memang baju bukan barang pecah belah dan bukan pula termasuk kategori barang yang bisa lekas basi seperti makanan, namun tetap saja harus dibungkus dengan benar.
    Hindari pembungkusan yang asal karena kita tidak tahu apa yang terjadi ketika barang berada di kontainer. Gesekan antar paket bisa saja merusak kemasan hingga akhirnya merusak atau menurunkan kualitas baju. 

  2. Bungkus berlapis

    Selalu lakukan pembungkusan berlapis. Apapun itu barang yang akan dikirimkan selalu lapisi dengan lapisan lagi semisal bubble wrap. Plastik ini memiliki kemampuan untuk melindungi barang dari air ataupun benturan.
    Ketika pengemasan pastikan semua sisi benar-benar tertutup. Hindari ada bagian yang terbuka karena mampu membuat baju jadi kotor. 

  3. Langkah pengemasan paket

    Gunakan kardus masih dalam kondisi bagus dan tebal, bungkus kemudian menggunakan bubble wrap sebelum nantinya dimasukkan dalam kardus lagi, wrapping menggunakan lakban full untuk menghindari bubble wrap yang jebol karena gesekan atau tusukan ketika berada di kontainer.
    Setelah itu masukkan lagi dalam trash bagi atau plastik sejenisnya. Jika diperlukan, Kamu bisa menambahkan triplek tebal, strefoam, atau packing kayu agar lebih aman. Terakhir hindari mengemas hanya menggunakan plastik saja karena ini tidak akan aman. 

  4. Cantumkan alamat dengan jelas

    Ingat, kita mengirim paket dalam jarak yang sangat jauh, dengan regulasi yang cukup ribet. Jangan sampai karena kita keliru menuliskan alamat akhirnya paket tidak sampai ke tujuan.
    Oleh karena itu sebelum memberikannya ke jasa pengiriman, cek kembali alamat dan nomor telepon yang dituju. Selain itu pastikan jika label alamat dan nomor telepon telah dilapisi plastik sehingga tak akan rusak mesti terkena air.

  5. Gunakan jasa pengiriman yang terpercaya

    Salah satu yang sering terjadi pada paket adalah paket tertindih, terlempar, atau terbanting ketika proses pengiriman. Nah, hal ini bisa diminimalisir jika Kamu menggunakan jasa pengiriman yang berkualitas.
    Salah satu jasa ekspor terbaik yang akan membantu proses pengiriman paket ke luar negeri adalah Mister Exportir. Mister Exportir memiliki tim ahli yang akan memastikan bahwa paket sampai ke tujuan dalam keadaan terbaik.
    Selain itu jika bekerjasama dengan Mister Exportir, Kamu akan mendapatkan banyak buyer dari luar negeri. Ya, Mister Exportir akan membantumu mendapatkan buyer potensial untuk bisnismu. Menarik bukan? 

Nah, diatas merupakan sejumlah trik atau cara pengemasan paket ke luar negeri yang bisa dipraktikkan. Ingat, karena pengiriman ini memakan waktu yang lama dan jauh dibandingkan dengan pengiriman dalam negeri, maka Kamu harus memperhatikan setiap detailnya dengan baik. Begitupula dengan urusan administrasinya.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge