Cara Belanja di eBay

Cara Belanja di eBay

Hello sobat exportir! Kalian semua pasti tahu eBay dong. Yup, eBay merupakan salah satu situs marketplace yang cukup terkenal di dunia. Karena di dalam marketplace ini banyak tersedia barang bagus, orang orang pun ingin mengetahui cara belanja di eBay.

Mengapa banyak orang yang ingin berbelanja di eBay? Seperti yang kita ketahui, eBay merupakan salah satu website marketplace yang sangat besar.

eBay sendiri didirikan di Amerika Serikat dan saat ini salah satu pesaing terberat eBay di negara yang sama adalah Amazon.

Sedangkan di Indonesia sendiri, eBay sudah terkenal sebelum adanya marketplace lokal seperti BukaLapak, Tokopedia, Blibli, dan lainnya.

Apa yang membuat eBay menjadi salah satu pilihan situs untuk berbelanja online adalah karena barang barang yang dijual di eBay ini cukup banyak dan bervariasi.

Selain itu, fitur utama yang membuat eBay masih diminati oleh seluruh orang di dunia adalah fitur lelang yang dimilikinya.

Fitur lelang di eBay ini tidak jauh berbeda dengan lelang yang biasa dilakukan. Barang barang dilelang dengan jangka waktu tertentu. Dengan nilai awal yang ditentukan, beberapa orang melakukan penawaran.

Sampai pada waktu ingin berakhir, orang terakhir yang menawarkan harga paling tinggi berhak untuk membeli barang tersebut dengan harga yang dia ajukan.

Meski demikian, masih terdapat juga barang barang yang dijual dengan cara reguler tanpa dilelang.

Di marketplace eBay pun memungkinkan kita untuk membeli barang baru ataupun bekas tergantung kebutuhan kita dengan cara jual beli biasa atau juga lelang.

Nah, tertarik untuk mengetahui cara belanja di eBay? Yuk langsung kita bahas caranya disini!

Cara Belanja di eBay

Untuk bisa berbelanja di eBay, tentu saja yang pertama harus dilakukan adalah memiliki akun eBay kamu sendiri.

Cara Membuat Akun eBay

Cara Membuat Akun eBay

  1. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat akun eBay adalah memasuki situs eBay dan klik tombol “register” yang terletak di pojok kiri atas website tersebut.
  2. Kemudian isi nama, alamat email, dan password untuk akun eBay kamu.
  3. Setelah akun kamu jadi, jangan lupa untuk lengkapi data diri mulai dari alamat, nomor telepon dan lainnya dengan membuka menu “account setting” di pojok kiri atas
  4. Jika sudah melengkapi data diri, alamat, nomor telepon, dan sebagainya, akun eBay kamu siap untuk digunakan.

Mencari Barang di eBay

Mencari Barang di eBay

Setelah memiliki akun eBay, selanjutnya adalah tentu saja menentukan barang yang ingin kamu beli

  1. Agar sukses mendapatkan barang di eBay, ada baiknya kamu terlebih dahulu melakukan riset terhadap barang yang ingin dibeli. Ketahui harga pasaran dari barang tersebut saat ini. Lalu, bandingkan harganya dengan barang serupa di tempat lain.
  2. Setelah mengetahui barang yang ingin kamu beli, selanjutnya adalah mencari barang tersebut di eBay dengan memasukkan kata kuncinya di mesin pencarian eBay.
  3. Gunakan fitur filter untuk menyortir barang yang benar benar kamu cari.
  4. Ketika sedang dicari, ada kemungkinan kamu akan menemukan barang yang sama di beberapa penjual. Nah carilah barang dengan harga yang murah namun dengan rating penjual yang tinggi agar lebih aman.
  5. Jika sudah menemukan barang dengan harga yang pas, masukan barang tersebut ke keranjang belanja atau langsung klik “buy it now”.
  6. Setelah itu, kamu bisa langsung check out dan melakukan pembayaran

Melakukan Pembayaran di eBay

Secara umum, terdapat tiga cara pembayaran transaksi di marketplace eBay yakni dengan:

  • Kartu kredit atau debit
  • PayPal, dan
  • PayPal Credit

Dari ketiga cara pembayaran tersebut, cara yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan metode kartu kredit dan PayPal.

Membayar Transaksi eBay dengan Kartu Kredit

Untuk membayar dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa mengikuti cara berikut:

  1. Ketika melakukan check out pembelian, pilih opsi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
  2. Setelah itu, masukkan beberapa informasi yang dibutuhkan tentang kartu kredit kamu seperti nomor kartu kredit, tanggal expire, kode keamanan, dan juga nama kamu.
  3. Jika informasi yang kamu masukkan sudah benar, selanjutnya klik “done”
  4. Lalu, klik “confirm and pay” untuk menyelesaikan pembayaran.

Membayar Transaksi eBay dengan PayPal

Membayar Transaksi eBay dengan PayPal
gambar: pixabay

Pembayaran transaksi di eBay lainnya yang cukup umum dilakukan di Indonesia adalah dengan menggunakan PayPal.

Pembayaran dengan PayPal sendiri adalah pembayaran yang direkomendasikan karena dengan PayPal, pembayaran transaksi di eBay menjadi lebih mudah, aman, dan praktis, karena PayPal sendiri masih satu induk dengan perusahaan eBay Inc.

Cara membayar transaksi eBay dengan PayPal caranya adalah:

  1. Pilih opsi pembayaran dengan PayPal ketika melakukan check out pembelian.
  2. Selanjutnya kamu harus memasukkan username dan password akun PayPal kamu. Dengan kata lain, kamu harus terlebih dahulu memiliki akun PayPal.
  3. Jika sudah, selanjutnya adalah klik “confirm and pay”

Membeli dengan Fitur Lelang eBay

Membeli dengan Fitur Lelang eBay

Berbeda dengan cara membeli “Buy it Now”, menggunakan fitur lelang di eBay memungkinkan kamu untuk mendapatkan harga dengan penawaran terbaik sesuai dengan keinginan kamu.

Caranya adalah dengan mengikuti lelang yang diadakan oleh penjual. Untuk mengikuti lelang di eBay adalah:

  1. Mencari barang yang memiliki atribut lelang di eBay. Cara mudahnya adalah dengan mengatur filter agar semua barang yang ditampilkan merupakan barang yang bisa dilelang/ auction.
  2. Jika sudah menemukan barang lelang yang kamu cari, selanjutnya adalah kamu perlu memasukkan harga yang kamu tawarkan. Pastikan harga yang kamu tawarkan tidak berada dibawah batas harga awal lelang.
  3. Berikanlah penawaran dengan harga yang rasional dan perhatikan juga batas waktu lelang.
  4. Jika batas waktu berakhir dan harga penawaran tertinggi adalah harga penawaran yang kamu berikan, maka kamu telah memenangkan lelang tersebut dan kamu bisa langsung membayar barang lelang tersebut.
  5. Pembayarannya sama seperti pembayaran yang dilakukan untuk “Buy it Now”.

Mengecek Status Barang yang Dibeli di eBay

Setelah melakukan transaksi di eBay, selanjutnya kamu akan mendapatkan konfirmasi pembelian dari eBay dan juga penjual melalui email.

Selain itu status pembelian barang juga bisa dicek di dashboard eBay pada menu “purchase history”.

Dalam menu tersebut, kamu bisa melihat status barang yang kamu beli apakah sudah dikirimkan atau belum. Disini pun kamu dapat melihat tracking number atau nomor resi pengiriman yang bisa dilacak.

Nomor resi barang bisa kamu lacak di:

  • Pos Indonesia
  • DHL
  • FedEx
  • Aramex
  • UPS

Membayar Pajak Pembelian Barang di eBay

Karena barang yang dibeli di eBay adalah berasal dari luar negeri, berarti secara langsung kamu berarti telah melakukan impor barang. Seperti yang kita ketahui, setiap impor barang yang nilainya diatas $3 dollar AS akan dikenai pajak impor.

Untuk membayarnya, biasanya jika pengiriman menggunakan via Pos maka pajak akan dibayarkan langsung ke kurir pos jika harga barang dibawah $75 dolar AS. Namun jika diatas $75 maka tagihan pajak harus dibayarkan di kantor pos besar terdekat.

Sedangkan jika pengiriman dilakukan selain pos, biasanya CS dari kurir tersebut akan menghubungi kamu untuk menginformasikan mengenai pajak yang harus dibayarkan.

Itulah beberapa info seputar ekspor impor mengenai cara belanja di eBay. Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang ingin berbelanja di eBay. Terima kasih.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh